5 Meme Coin yang Wajib Dipantau di Juni 2024, Ini Analisisnya


Di bulan Mei, pasar meme coin mencatat reli. Hal ini sebagian terpacu oleh lonjakan di pasar altcoin secara umum setelah Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS menyetujui 8 produk exchange-traded fund (ETF) Ethereum spot.

Saat kita memasuki bulan Juni, beberapa meme coin, yaitu Super Trump (STRUMP), Pepe (PEPE), native meme coin Bitcoin DOG•GO•TO•THE•MOON (DOG), ANDY ETH (ANDY), dan Floki (FLOKI), terpantau siap untuk melanjutkan akumulasi profit mereka.

Super Trump (STRUMP) Terbang Lebih Tinggi Lagi

Pada saat publikasi, Super Trump diperdagangkan seharga US$0,025. Nilai meme coin ini sendiri tercatat sudah melesat lebih dari 400% dalam sepekan terakhir.

Adapun sejumlah indikator momentum kuncinya yang terpampang pada grafik 1 hari menegaskan, lonjakan harga STRUMP dapat guyuran permintaan yang deras dari pelaku pasar. Sebut saja, Relative Strength Index (RSI) ada di angka 82,87, sementara Money Flow Index (MFI) ada di angka 78,43.

RSI suatu aset mengukur momentum pergerakan harganya, sementara MFI-nya mempertimbangkan harga dan volume untuk menilai tekanan beli dan jual.

Meskipun nilai indikator-indikator ini menunjukkan bahwa momentum beli STRUMP telah melebihi distribusi, perlu dicatat bahwa nilai RSI di atas 70 umumnya menunjukkan bahwa aset sudah overbought (jenuh beli). Artinya, harga STRUMP mungkin terlanjur naik terlalu cepat dan ada peluang akan terkoreksi.

Jika pembeli kehabisan tenaga dan penurunan terjadi, harga meme coin ini dapat anjlok ke US$0,019.

Analisis Super Trump
Analisis Super Trump | Sumber: TradingView

Namun, jika ini tidak valid dan tren naik berlanjut, STRUMP dapat menguat dan diperdagangkan seharga US$0,031.

Pepe (PEPE) Bertekad Beri Profit buat Pembeli

Harga meme coin bertema katak Pepe (PEPE) telah melonjak 63% dalam 30 hari terakhir. Pembacaan dari indikator Moving Average Convergence/Divergence (MACD) yang terekam pada grafik mingguan menunjukkan bahwa bias bullish pada altcoin ini berhasil melampaui sentimen bearish.

Saat publikasi artikel, garis-garis MACD PEPE (biru) berada di atas garis sinyalnya (oranye). Indikator ini mengukur tren harga aset, momentum, serta potensi peluang beli dan jual di pasar.

Ketika garis-garisnya berada dalam setelan semacam ini, ini adalah sinyal bullish, yang berarti tekanan beli lebih tinggi daripada aktivitas jual. Para trader kemudian menafsirkannya sebagai petunjuk untuk mengambil posisi long dan keluar dari posisi short.

Selanjutnya, Chaikin Money Flow (CMF) PEPE yang naik dan positif menegaskan tren bullish. Pada 0,33, CMF PEPE menandakan peningkatan arus masuk likuiditas ke pasar meme coin ini.

Indikator ini melacak bagaimana uang mengalir masuk dan keluar dari pasar aset. Nilai CMF yang positif adalah tanda ketangguhan pasar.

Jika pembeli PEPE mempertahankan permintaan mereka akan meme coin ini, harganya berpotensi kembali mengukir rekor tertinggi sepanjang masa (all-time high) US$0,00001718, yang sempat tercatat pada tanggal 27 Mei.

Analisis PEPE
Analisis Pepe | Sumber: TradingView

Namun, jika bear muncul lagi untuk merebut kendali, tekanan jual berisiko menggulingkan harga PEPE menuju US$0,000012.

DOG-GO-TO-THE-MOON (DOG) Bertengger di Rekor ATH

Pada jam-jam awal perdagangan hari ini, DOG•GO•TO•THE•MOON (DOG) tercatat meroket ke rekor ATH US$0,00962. Saat publikasi, DOG mengalami retracement alias koreksi sebesar 10% dan diperdagangkan seharga US$0,008795.

Terlepas dari sedikit aktivitas ambil untung, harga meme coin ini sudah terbang 20% dalam 24 jam terakhir. Nilai positif dari Elder-Ray Index DOG menunjukkan bahwa bull sekarang masih memegang kendali pasar.

Indikator ini berguna mengukur tekanan beli dan jual suatu aset. Para trader menggunakannya untuk mengukur sentimen pasar dan mengidentifikasi potensi tren serta reversal (pembalikan) harga. Ketika nilainya positif, itu artinya kekuatan bull mendominasi pasar.

Semakin mempertegas kekuatan bull, indeks arah (directional index) positif (hijau) DOG berada di atas indeks negatifnya (merah) pada saat publikasi. Artinya, tekanan beli lebih kuat daripada tekanan jual, membenarkan kemungkinan berlanjutnya reli harga.

Jika momentum akumulasi ini mampu bertahan, harga DOG dapat mengeklaim kembali rekor ATH dan merangkak naik ke level US$0,015.

Analisis DOG-GO-TO-THE-MOON
Analisis DOG-GO-TO-THE-MOON | Sumber: TradingView

Namun, jika ternyata aksi profit-taking alias ambil untung mendapatkan momentum, harganya berisiko tergelincir ke bawah US$0,09 dan diperdagangkan seharga US$0,068.

ANDY ETH (ANDY) Nangkring di Atas MA Kunci

Harga ANDY tengah berkisar di angka US$0,00025, sekaligus diperdagangkan di atas Exponential Moving Average (EMA) 20 hari.

Ketika suatu aset diperdagangkan di atas moving average (MA) kunci seperti ini, itu dipandang sebagai sinyal bullish. Ini berarti harga aset saat ini telah menguat melewati harga rata-ratanya dalam 20 hari terakhir. Trader menafsirkan ini sebagai pergeseran ke arah akumulasi koin.

Naiknya RSI ANDY menegaskan tren akumulasi. Pada saat publikasi, nilai indikator ini bertengger di 71,39. Artinya, tekanan beli melebihi tekanan jual token.

Jika akumulasi terus menanjak, target harga ANDY berikutnya adalah US$0,0005, di atas level ATH-nya, US$0,0003005.

Analisis Andy
Analisis ETH ANDY | Sumber: TradingView

Namun, jika ada banyak trader yang mulai membukukan profit saat ini, harga ANDY bisa terkoreksi ke US$0,00014.

Floki (FLOKI) Coba Pertahankan Saluran Naik

Sejak 15 April, lonjakan tekanan beli Floki (FLOKI) telah menyebabkan harganya terjebak ke dalam pola ascending channel (saluran naik).

Ketika suatu aset diperdagangkan di dalam saluran ini, tekanan beli lebih intens daripada tekanan jual.

Adapun ledakan permintaan FLOKI dalam beberapa minggu terakhir dapat diperoleh dari Awesome Oscillator-nya. Sejak 13 Mei, Awesome Oscillator FLOKI hanya membukukan bar hijau yang menghadap ke atas.

Fungsi indikator ini adalah untuk mengukur momentum pasar suatu aset dan mengidentifikasi tren harga serta titik reversal-nya. Ketika indikator ini kembali menampilkan bar hijau yang menghadap ke atas, itu artinya pembeli memegang kendali pasar. Pada gilirannya, reli harga mungkin berlanjut.

Jika reli FLOKI berlanjut, target harga berikutnya adalah US$0,004.

Analisis Floki
Analisis Floki | Sumber: TradingView

Namun, jika skenario ini terbukti tidak valid, harga meme coin ini berpotensi tergelincir ke angka US$0,0025.

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi 5 meme coin untuk watchlist di bulan Juni ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *