Viral! Gua Safar Wadi di Tasikmalaya Diklaim Bisa Tembus Makkah, Tempat Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani Menimba Ilmu



loading…

Sebuah gua menjadi viral di media sosial. Gua itu diklaim bisa menembus ke Makkah, Arab Saudi. Foto/ TikTok

JAKARTA – Sebuah gua yang terlihat dipadati masyarakat sambil melantunkan doa menjadi viral di media sosial.

Gua itu diketahui bernama Safar Wadi. Lokasinya di Desa Pamijahan, Tasikmalaya, Jawa Barat. Gua ini menjadi viral lantaran diklaim bisa membawa seseorang tembuh ke Makkah, Arab Saudi.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @sopian_sq yang memperlihatkan sejumlah pria menggunakan pakaian muslim, lengkap dengan peci hitam. Sementara, wanita yang berhijab juga memadati gua.

Mereka beramai-ramai melantunkan doa dengan dipimpin oleh seseorang yang berada tepat di depan lorong kecil yang konon bisa membawa mereka ke Makkah.

“Lorong kecil yang bisa tembus ke mekkah di goa safawardi (pamijahan),” tulis @sopian_sq dalam keterangan unggahan videonya di TikTok.

Melansir laman Nahdlatul Ulama (NU), Gua Safar Wadi merupakan tempat Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani mendapatkan ilmu agama dari gurunya, yaitu Imam Sanusi. Sehingga, gua ini merupakan tempat bersejarah bagi umat Islam.

Gua Pamijahan ini terletak di kaki gunung yang terkenal sekarang dengan sebutan “Gunung Mujarod” yang berarti “tempat penenangan” (tempat nyirnakeun manah, dalam bahasa Sunda).

Penamaan ini dikarenakan di dalam Gua di bawah gunung itulah Syeikh H ‘Abdul Muhyi sering mendekatkan diri (bertaqarrub) kepada Allah SWT.

Syekh H ‘Abdul Muhyi sebelum menemukan gua tersebut pernah mencoba melaksanakan petunjuk dan perintah dari gurunya dengan menanam padi sebagai ciri adanya Gua. Petunjuk dari gurunya tersebut adalah apabila setangkai biji padi ditanam kemudian hasilnya setangkai pula maka disitulah tempat yang dimaksud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *