Intip rupa dan spesifikasi MV3 Garuda Limousine yang digunakan Prabowo


Jakarta (ANTARA) – PT Pindad memperkenalkan MV3 Garuda Limousine, kendaraan terbaru produksi industri pertahanan dalam negeri yang digunakan oleh Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 di Gedung MPR/DPR RI pada Minggu.

Pada momen bersejarah ini, ada satu hal yang menarik perhatian publik, yakni mobil “Maung Garuda” alias MV3 Garuda Limousine berkelir putih berpelat ‘Indonesia 1’ lengkap dengan emblem “GARUDA” di bagian belakangnya yang ditunggangi Prabowo menuju Istana Merdeka.

“Kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden Ri, Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, menantang dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya,” ujar Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose melalui keterangannya, Minggu.

Baca juga: Naik Maung Garuda, Prabowo sapa warga di Bundaran HI

 

MV3 Garuda Limousine, mobil karya PT Pindad yang digunakan sebagai kendaraan Presiden Prabowo Subianto usai pelantikannya di Jakarta, Minggu (20/10/2024). (ANTARA/HO/PT Pindad)

MV3 Garuda Limousine, mobil karya PT Pindad yang digunakan sebagai kendaraan Presiden Prabowo Subianto usai pelantikannya di Jakarta, Minggu (20/10/2024). (ANTARA/HO/PT Pindad)




Baca juga: Prabowo naik MV3 Garuda buatan Pindad lanjutkan perjalanan ke Istana

MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI. Kendaraan ini berwarna putih dengan tampilan eksklusif dan maskulin yang memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

Kendaraan karya PT Pindad ini memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega.

Kendaraan ini memiliki daya mesin 202 PS/199 HP, transmisi AT (otomatis) dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 Km/jam.

Dengan portfolio produsen Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam), Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan andal.

Bagian interior MV3 Garuda Limousine, mobil karya PT Pindad yang digunakan sebagai kendaraan Presiden Prabowo Subianto usai pelantikannya di Jakarta, Minggu (20/10/2024). (ANTARA/HO/PT Pindad)


Baca juga: Ini dia mobil “Maung Garuda” yang digunakan Prabowo usai dilantik

Seluruh area kendaraan meliputi bodi dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal. 7,62 × 51 mm NATO ball & kal. 5,56 × 45 mm M193, kaca anti peluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

“Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental, dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang didalamnya,” ujar Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa.

“Alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI,” tambahnya.

Ruang kabin MV3 Garuda Limousine, mobil karya PT Pindad yang digunakan sebagai kendaraan Presiden Prabowo Subianto usai pelantikannya di Jakarta, Minggu (20/10/2024). (ANTARA/HO/PT Pindad)


Baca juga: Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo diarak Maung Pindad di Mako Brimob

Presiden Prabowo Subianto meninggalkan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, setelah resmi dilantik menumpangi kendaraan karya anak bangsa “Maung Garuda”, Minggu.

Mobil itu diiringi tiga mobil Jeep putih dan 10 motor Paspampres. Rombongan itu kemudian membentuk barisan dan jalan keluar Gerbang DPR RI sekitar pukul 12.30 WIB.

Prabowo awalnya datang dengan mobil Toyota Alphard dengan pelat Kemhan. Selanjutnya, Prabowo meninggalkan lokasi dengan mobil SUV berkelir putih tersebut yang berpelat ‘Indonesia 1’ untuk menuju Istana Merdeka.

Presiden ke-8 RI tersebut kemudian kembali menggunakan MV3 Garuda Limousine bersama Presiden ke-7 RI Joko Widodo untuk mengantarnya menuju Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Baca juga: Presiden Jokowi meninjau Pindad pakai “Maung” disopiri Prabowo

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *