3 Peristiwa Ekonomi AS yang Bisa Pengaruhi Pasar Aset Kripto Minggu Ini


Pasar aset kripto terus merespons peristiwa ekonomi AS karena trader dan investor menyesuaikan strategi mereka berdasarkan data makro. Meskipun kalender mencakup beberapa rilis, hanya beberapa yang akan menarik bagi Bitcoin (BTC).

Sementara itu, Bitcoin masih bergerak dalam kisaran yang sama, diperdagangkan jauh di atas level psikologis US$60.000, namun US$64.000 terbukti tak dapat ditembus.

CPI

Sorotan data ekonomi AS minggu ini akan ada pada laporan Kamis, 10 Oktober dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS), yang akan merilis data Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan September.

Outlook suku bunga Federal Reserve (Fed) terus menempatkan inflasi sebagai fokus utama bagi pasar aset kripto dan saham. Para ekonom memperkirakan inflasi utama naik 0,1% untuk September. Mereka juga memprediksi CPI inti, data ekonomi AS yang lebih diawasi yang mengeliminasi biaya makanan dan energi yang volatil, akan meningkat sebesar 0,2%.

Tingkat CPI tahunan diharapkan menurun menjadi 2,3% dari 2,5% pada Agustus. Di sisi lain, angka inti diprediksi tetap stabil di 3,2% YoY pada September.

Baca lebih lanjut: Cara Melindungi Diri Anda dari Inflasi Menggunakan Aset Kripto.

Jika data Kamis lebih tinggi dari yang diharapkan, hal ini menunjukkan potensi kebangkitan inflasi dalam beberapa bulan mendatang. Ini bisa membatasi kecepatan di mana Fed dapat menurunkan suku bunga kebijakan lebih lanjut dan, yang lebih penting, mengurangi peluang kenaikan lebih lanjut untuk Bitcoin.

“Kami TIDAK ingin melihat inflasi naik kembali. Sejajar mungkin akan lebih baik,” ujar Ted Zhang, Associate Portfolio Manager di Revere Asset Management komentar.

PPI

BLS AS juga akan melaporkan Indeks Harga Produsen Inti (PPI) bulan September minggu ini. Data ini menentukan kenaikan harga di tingkat produsen. Pengaruhnya terhadap pasar keuangan muncul karena mengukur inflasi di tingkat grosir.

Data ini akan memberikan informasi penting tentang tekanan inflasi di tingkat produsen dalam rantai pasokan. Dengan melacak perubahan harga produsen, analis dan pembuat kebijakan dapat memperoleh wawasan tentang tren harga konsumen di masa depan.

Kenaikan PPI menunjukkan biaya produksi yang meningkat, yang bisa menyebabkan kenaikan biaya energi dan perangkat keras yang diperlukan untuk penambangan dan pemrosesan aset kripto. Sehingga, PPI inti yang lebih tinggi pada hari Jumat bisa berdampak negatif terhadap Bitcoin dan aset kripto.

Klaim Pengangguran Awal

Departemen tenaga kerja juga akan merilis klaim pengangguran awal pada Kamis, setelah laporan pekerjaan September yang sangat baik minggu lalu. Seperti yang terjadi, ekonomi AS menambahkan 254.000 pekerjaan, jauh melampaui ekspektasi. Tingkat pengangguran turun menjadi 4,1% dari 4,2% pada Agustus.

Ini berpotensi menetapkan nada bagi ekonomi untuk mencapai pendaratan yang lembut, yang merupakan kisah sukses yang cukup jarang bagi Fed. Dalam pendaratan yang lembut, inflasi menurun tanpa memicu resesi.

Sementara itu, di tengah inflasi yang menurun dan data pekerjaan yang positif, investor mengurangi taruhan mereka pada pemotongan suku bunga Fed di masa depan. Kekhawatiran umum adalah bahwa bank sentral mungkin telah membuat kesalahan kebijakan ketika menurunkan suku bunga sebesar 50 bps bulan lalu. Risiko bagi pasar adalah bahwa Fed mungkin terlalu agresif memotong suku bunga, karena inflasi belum teratasi.

Pendapatan Q3

Sebagai tambahan untuk data ekonomi AS, musim pelaporan pendapatan perusahaan kuartal ketiga (Q3) dimulai minggu ini. Hasil dari perusahaan keuangan besar seperti JP Morgan Chase (JPM), Wells Fargo & Co. (WFC), dan BlackRock Inc. (BLK), yang dijadwalkan pada hari Jumat, juga bisa menggerakkan pasar.

Baca lebih lanjut: Siapa yang Memiliki Bitcoin Terbanyak pada 2024?

Kinerja Harga BTC
Kinerja Harga BTC, Sumber: BeInCrypto

Saat pasar aset kripto bersiap untuk perubahan potensial, Bitcoin diperdagangkan pada US$63.533, mencerminkan kenaikan 2,47% dalam 24 jam terakhir.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *