Apa yang Harus Diharapkan Investor dari Ethereum (ETH) pada Oktober 2024


Ethereum kesulitan menemukan pijakan yang stabil di sekitar US$3.000, dengan arus masuk institusional yang lemah dan kepercayaan investor yang merosot membuat altcoin ini tertekan.

Namun, bulan Oktober diharapkan akan membawa perubahan besar dalam sentimen dan aksi harga, asalkan institusi mendukungnya.

Ethereum Mungkin Tidak Akan Naik di Atas US$3.000

Prospek bullish Ethereum sangat bergantung pada institusi karena arus masuk yang lemah ke ETF Ethereum spot telah menjadi perhatian besar bagi altcoin ini. Namun, hal ini diharapkan akan berubah di bulan mendatang.

Dalam wawancara dengan BeInCrypto, Matt Mena, Strategis Riset Kripto di 21.co membahas alasan di balik arus masuk yang buruk tersebut.

“Kurangnya permintaan institusional Ethereum baru-baru ini dapat dilacak kembali ke waktu peluncuran ETF ETH yang tidak tepat. ETF tersebut menghadapi beberapa faktor yang tidak menguntungkan, termasuk debutnya yang kurang tepat selama musim panas—periode yang biasanya ditandai dengan aktivitas yang lebih rendah di pasar keuangan kripto dan tradisional. Hal ini diperparah dengan peluncurannya hanya dua minggu sebelum Perdagangan Pembongkaran Yen Jepang, sebuah peristiwa makroekonomi signifikan yang membawa angin kencang bagi aset berisiko, termasuk aset kripto,” papar Mena kepada BeInCrypto.

Namun, jalan Ethereum menuju US$3.000 juga akan bergantung pada banyak faktor eksternal. Alvin Kan, COO dari Bitget Wallet, membahas faktor-faktor ini dengan BeInCrypto,

“Apa yang bisa mendorong ETH kembali ke US$3.000? Pertama, inovasi teknis – proyek-proyek di AI, pembayaran, dan restaking bisa dikerahkan di Ethereum, membawa pengguna baru dan utilitas. Kedua, likuiditas makro yang membaik – setelah pemotongan suku bunga Fed, kami melihat sinyal yang lebih dovish. Jika Fed memotong suku bunga ke tingkat yang lebih dekat dengan hasil staking Ethereum (sekitar 3,5%), ETH bisa mendapatkan kembali daya tariknya sebagai aset yang menghasilkan pendapatan, menarik lebih banyak modal,” ujar Kan kepada BeInCrypto

Baca lebih lanjut: Bagaimana Cara Berinvestasi di ETF Ethereum?

Di sisi lain, sinyal bearish dari investor juga secara bertahap muncul. Rasio MVRV 30 hari Ethereum saat ini berada di 6,5%, menempatkannya di zona bahaya. Rasio MVRV adalah indikator kunci yang mengukur keuntungan dan kerugian, dan ketika jatuh antara 3% dan 12%, investor cenderung merealisasikan keuntungan dengan menjual kepemilikannya.

Perilaku ini meningkatkan risiko koreksi yang dipicu oleh penjualan, yang dapat membebani harga Ethereum.

Rasio MVRV yang tinggi menunjukkan bahwa investor Ethereum mungkin mulai mencairkan keuntungan mereka, terutama karena sentimen pasar tetap rapuh. Tekanan jual ini bisa menyebabkan koreksi, mencegah Ethereum membuat langkah solid di atas US$3.000 kecuali momentum bullish meningkat.

Ethereum MVRV Ratio.
Rasio MVRV Ethereum. Sumber: Santiment

Prediksi Harga ETH: Tunggu dan Lihat

Ethereum saat ini diperdagangkan di US$2.642 dan berada di ambang keluar dari pola saluran menurun yang telah terbentuk selama dua bulan terakhir. Pola ini menunjukkan bahwa terobosan bisa menyebabkan kenaikan 23%, menargetkan harga US$3.258, level yang sangat diantisipasi di kalangan investor.

Namun, kenaikan ini sangat bergantung pada peningkatan arus masuk institusional. Meskipun Ethereum tidak mencapai kenaikan 23%, bullishness yang konsisten dari investor dan kondisi makroekonomi yang menguntungkan bisa mendorong ETH melewati resistensi US$2.930, memungkinkannya menembus tanda US$3.000.

Baca lebih lanjut: Prediksi Harga Ethereum (ETH) 2024/2025/2030

Analisis Harga Ethereum.
Analisis Harga Ethereum. Sumber: TradingView

Di sisi lain, jika terobosan gagal, Ethereum bisa tetap terjebak dalam saluran tersebut. Ini bisa menyebabkan tes potensial dari garis tren bawah di sekitar level dukungan US$2.170. Ini akan menggagalkan prospek bullish dan menunda setiap gerakan naik yang signifikan bagi altcoin tersebut.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *